
Manajemen Pemasaran (UMKM)
A.
Pengertian Pemasaran
Seringkali orang masih rancu tentang pengertian
pemasaran. Mereka seringkali menggunakan istilah pemasaran untuk kegiatan
periklanan atau penjualan. Semuanya itu sebenarnya hanyalah merupakan bagian
dari kegiatan pemasaran. Penjualan sebenarnya hanyalah merupakan salah
satu bagian kegiatan pemasaran, yaitu hanya menyangkut kegiatan transaksi yang
sesungguhnya dilakukan. Periklananan merupakan salah satu metode
kegiatan promosi yang merupakan bagian lain dari kegiatan pemasaran, yaitu
menyangkut aktivitas komunikasi. Sedangkan pemasaran meliputi masalah
penetapan produk, harga, saluran distribusi dan promosi oleh perusahaan, selain
kegiatan penjualan di atas.
American
Marketing Association (AMA)
mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan rencana
penetapan harga, promosi, dan distribusi dari ide-ide, barang-barang, dan
jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individual
dan organisasional.
Sedangkan Philip Kotler (1997) mendefinisikan
pemasaran sebagai proses sosial dan manajerial yang dilakukan seseorang atau
kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui
penciptaan, penawaran dan pertukaran produk-produk yang bernilai dengan yang
lainnya.
Dari beberapa penjelasan di atas, pada dasarnya
pokok pemikiran pemasaran adalah penyelenggaraan kemampuan perusahaan dengan
kebutuhan para pelanggan untuk mencapai tujuan perusahaan. (Malcolm HB Mc
Donald, 1987).
B.
Pengertian Manajemen Pemasaran
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (American Marketing Association),
manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi;
penetapan harga; promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk
menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran perorangan dan organisasi
(Philip Kotler, 1997).
Definisi ini memandang manajemen sebagai suatu
proses yang meliputi analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian;
bahwa ia mencakup gagasan, barang dan
jasa; bahwa manajemen pemasaran dilandasi oleh gagasan pertukaran; dan bahwa
tujuannya adalah menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.
Citra yang populer tentang manajer pemasaran adalah
bahwa ia merupakan pejabat yang tugasnya terutama merangsang permintaan akan
produk perusahaan. Tetapi, ini terlampau sempit untuk tugas pemasaran yang
begitu beragam yang dilakukan para manajer pemasaran. Manajemen pemasaran
mempunyai tugas untuk mempengaruhi tingkat, saat, serta komposisi permintaan
sedemikian rupa sehingga akan membantu organisasi mencapai sasarannya.
Manajemen pemasaran pada dasarnya adalah manajemen terhadap permintaan (demand management).
No comments:
Post a Comment