A. Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil
Adapun
beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran untuk
usaha kecil yaitu sebagai
berikut:
1) Konsistensi
Dengan adanya konsistensi terhadap
semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan
meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2) Perencanaan
Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan
yang diperoleh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan
pemasaran.
3) Strategi
Strategi merupakan dasar untuk
kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya siapa target
pasar, bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga
konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.
4) Target Market
Mendefinisikan secara tepat pangsa
pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan
dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah
dilaksanakan.
5) Anggaran
Menghitung anggaran marketing
merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari
anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk
pemasaran. Biasanya usaha kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat,
sehingga terjadi pemborosan.
6) Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk, harga,
tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu memutuskan dengan spesifik
produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan
mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang
produk yang ditawarkan.
7) Website
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha
kecil usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari
informasi dari internet.Sehingga informasi produk melalui website pun sangat
mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.
8) Branding
Branding adalah bagaimana konsumen
menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha
kecil selalu melupakan kebutuhan brandatau
pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.
9) Promosi dan iklan
Promosi dan iklan merupakan konsep
marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk
pada usaha kecil. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand
yang efektif hingga mampu meningkatkan penjualan.
10) Customer Relationship Management
CRM
adalah suatu proses dalam mendapatkan, mempertahankan, dan meningkatkan
pelanggan yang menguntungkan.untuk melaksanakan ini, maka dilakukan kolaborasi
atau kerjasama dengan setiap konsumen, menyediakan nilai yang optimal bagi
pelanggan, dengan berbagai cara.
CRM
bertujuan untuk menciptakan nilai pelanggan, sehingga pelanggan puas dan
memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan, memperoleh keunggulan bersaing
mempertahankan mutu produk agar dapat memberikan kepuasan prima bagi pelanggan.
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang
tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan
konsisten.Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan
potongan harga tertentu bagi para member.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2010. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Nitisusastro,
Mulyadi. 2009. Kewirausahaan &
Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
http://bisnisukm.com/menyusun-konsep-marketing-untuk-usaha-kecil.html
http://riyanikusuma.wordpress.com/2010/11/05/bisnis-kecil-dan-bauran-pemasaran-pada-produk-donat-bakar/
No comments:
Post a Comment