Untuk lebih memahami
tentang bisnis kecil dan bauran pemasaran ini, mari kita ambil contoh bisnis
donat bakar. Bisnis ini termasuk ke dalam bisnis kecil, karena bisnis ini
biasanya dimiliki oleh individu atau perorangan dan belum terlalu mendominasi
pasar.Bisnis ini dapat berkembang
karena adanya bauran pemasaran yang cermat. Untuk itu mari kita lihat,
bagaimana bauran pemasaran bisnis ini ??
Bauran pemasaran biasanya
mencakup 4P, yaitu Produk ( Product ), Penetapan harga ( Price ), Distribusi (
Place ) dan yang terakhir adalah Promosi ( Promotion ). Mari kita bahas satu
satu tentang 4P ini dalam bisnis donat bakar.
1) Produk ( Product )
Semua orang tentu tau Donat, donat merupakan
makanan yang berbentuk seperti cincin yang dipanggang kemudian diberi toping
diatasnya.Itu merupakan hal yang sudah biasa, tetapi sekarang ada kreasi baru
yang dapat meningkatkan penjualan produk donat yaitu donat bakar. Donat bakar
merupakan suatu produk makanan yang banyak digemari oleh masyarakat ( konsumen
) dan memiliki perbedaan dari donat donat yang lain. Perbedaan tersebut
terletak pada proses pembuatannya yaitu donat dibakar terlebih dahulu sebelum
diberi topping, sehingga konsumen bisa menikmati sensasi donut dalam
keadaan hangat dengan lumeran cokelat yang begitu lezat serta menggoda
dengan berbagai varian rasa. Donat
bakar memiliki bermacam-macam variasi rasa seperti jagung bakar, balado,
blueberry, durian, cokelat glaze, cappucino, tiramisu, kacang, keju, donat ala
burger, sosis sapi, dan lain lain. Saat ini Donat bakar telah memiliki 29 variasi rasa, dan akan terus
dikembangkan diwaktu mendatang). Dari contoh di atas, dapat kita simpulkan,
Produk adalah hasil dari proses produksi ( dapat berupa barang, jasa atau
gagasan ) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Yang
harus diperhatikan dalam suatu produk adalah bagaimana kita menciptakan ciri
atau citra yang membuat produk kita berbeda dari pesaing.
2) Penetapan harga
(Price)
Harga donat bakar ini berkisar dari Rp 9000,00
sampai Rp 13000,00. Harga ini ditinjau dari bahan bahan yang digunakan dalam
pembuatan donat.Selain ditinjau dari segi bahan bahannya, penetapan harga ini
juga ditinjau dari berapa banyak perlengkapan yang menunjang dalam penjualan
donat bakar ini.
3) Distribusi (Place)
Pemasaran donat bakar ini, biasanya bertempat
di depan sekolah dan pusat perbelanjaan. Dua tempat ini merupakan tempat yang
strategis dalam pemasaran donat bakar ini, karena tempat ini merupakan tempat
yang ramai, dan dapat menarik konsumen yang banyak.Saat ini, pemasaran donat
bakar tidak hanya di Jakarta, tetapi sudah sampai ke Solo dan Jawa Timur.
4) Promosi (Promotion)
Promosi yang dilakukan donat bakar ini dengan
cara membuat blog. Cara ini sangat membantu dalam perkembang bisnis donat bakar
ini, karena semua orang dapat mengakses blog ini. Dan di dalam blog tersebut
dijelaskan berapa modal yang dibutuhkan, bagaimana kita bisa memulai bisnis ini
dan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Dengan cara seperti ini,
tentu orang akan tertarik untuk memulai bisnis. Selain itu, cara ini juga tidak
memerlukan biaya yang besar.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2010. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Nitisusastro,
Mulyadi. 2009. Kewirausahaan &
Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
http://bisnisukm.com/menyusun-konsep-marketing-untuk-usaha-kecil.html
http://riyanikusuma.wordpress.com/2010/11/05/bisnis-kecil-dan-bauran-pemasaran-pada-produk-donat-bakar/
No comments:
Post a Comment