Wednesday 5 August 2015

Contoh Bauran Pemasaran pada Produk Donat Baka

Untuk lebih memahami tentang bisnis kecil dan bauran pemasaran ini, mari kita ambil contoh bisnis donat bakar. Bisnis ini termasuk ke dalam bisnis kecil, karena bisnis ini biasanya dimiliki oleh individu atau perorangan dan belum terlalu mendominasi pasar.Bisnis ini dapat berkembang karena adanya bauran pemasaran yang cermat. Untuk itu mari kita lihat, bagaimana bauran pemasaran bisnis ini ??
Bauran pemasaran biasanya mencakup 4P, yaitu Produk ( Product ), Penetapan harga ( Price ), Distribusi ( Place ) dan yang terakhir adalah Promosi ( Promotion ). Mari kita bahas satu satu tentang 4P ini dalam bisnis donat bakar.
1)      Produk ( Product )
Semua orang tentu tau Donat, donat merupakan makanan yang berbentuk seperti cincin yang dipanggang kemudian diberi toping diatasnya.Itu merupakan hal yang sudah biasa, tetapi sekarang ada kreasi baru yang dapat meningkatkan penjualan produk donat yaitu donat bakar. Donat bakar merupakan suatu produk makanan yang banyak digemari oleh masyarakat ( konsumen ) dan memiliki perbedaan dari donat donat yang lain. Perbedaan tersebut terletak pada proses pembuatannya yaitu donat dibakar terlebih dahulu sebelum diberi topping,  sehingga konsumen bisa menikmati sensasi donut dalam keadaan hangat dengan lumeran cokelat yang begitu lezat serta  menggoda dengan berbagai varian rasa. Donat bakar memiliki bermacam-macam variasi rasa seperti jagung bakar, balado, blueberry, durian, cokelat glaze, cappucino, tiramisu, kacang, keju, donat ala burger, sosis sapi, dan lain lain. Saat ini Donat bakar telah memiliki 29 variasi rasa, dan akan terus dikembangkan diwaktu mendatang). Dari contoh di atas, dapat kita simpulkan, Produk adalah hasil dari proses produksi ( dapat berupa barang, jasa atau gagasan ) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Yang harus diperhatikan dalam suatu produk adalah bagaimana kita menciptakan ciri atau citra yang membuat produk kita berbeda dari pesaing.
2)      Penetapan harga (Price)
Harga donat bakar ini berkisar dari Rp 9000,00 sampai Rp 13000,00. Harga ini ditinjau dari bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan donat.Selain ditinjau dari segi bahan bahannya, penetapan harga ini juga ditinjau dari berapa banyak perlengkapan yang menunjang dalam penjualan donat bakar ini.
3)      Distribusi (Place)
Pemasaran donat bakar ini, biasanya bertempat di depan sekolah dan pusat perbelanjaan. Dua tempat ini merupakan tempat yang strategis dalam pemasaran donat bakar ini, karena tempat ini merupakan tempat yang ramai, dan dapat menarik konsumen yang banyak.Saat ini, pemasaran donat bakar tidak hanya di Jakarta, tetapi sudah sampai ke Solo dan Jawa Timur.
4)      Promosi (Promotion)
Promosi yang dilakukan donat bakar ini dengan cara membuat blog. Cara ini sangat membantu dalam perkembang bisnis donat bakar ini, karena semua orang dapat mengakses blog ini. Dan di dalam blog tersebut dijelaskan berapa modal yang dibutuhkan, bagaimana kita bisa memulai bisnis ini dan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Dengan cara seperti ini, tentu orang akan tertarik untuk memulai bisnis. Selain itu, cara ini juga tidak memerlukan biaya yang besar.

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2010. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Nitisusastro, Mulyadi. 2009. Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
                              
http://bisnisukm.com/menyusun-konsep-marketing-untuk-usaha-kecil.html
http://blog.ub.ac.id/andreasbudiarto/2011/12/12/strategi-pemasaran-dalam-industri-skala-kecil/   
http://riyanikusuma.wordpress.com/2010/11/05/bisnis-kecil-dan-bauran-pemasaran-pada-produk-donat-bakar/
 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts